background

BERITA

Pengabdian Kepada Masyarakat IAHN Gde Pudja Mataram sebagai media implementasi Tri Hita Karana di Pura Batu Bolong.


Image

Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram, Selasa 29 Desember 2020 melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diadakan di Pura Batu Bolong, Kabupaten Lombok Barat Provinsi NTB.

Kegiatan ini adalah salah satu implementasi dari Nilai Tri Hita Karana, Tri Hita Karana senidiri berasal dari kata “Tri” yang berarti tiga, “Hita” yang berarti kebahagiaan dan “Karana” yang berarti penyebab. Dengan demikian Tri Hita Karana berarti “Tiga penyebab terciptanya kebahagiaan”.

Pada dasarnya hakikat ajaran tri hita karana menekankan tiga hubungan manusia dalam kehidupan di dunia ini. Ketiga hubungan itu meliputi hubungan dengan sesama manusia, hubungan dengan alam sekitar, dan hubungan dengan ke Tuhan yang saling terkait satu sama lain.

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari rangkaian acara Peresmian IAHN Gde Pudja Mataram yakni memanjatkan syukur atas keberhasilan, kelancaran, yang merupakan anugrah dari Ida Sang Hyang Widhi Wasa, Tuhan Yang Maha Esa.

Kegiatan ini diawali dengan melakukan Sembah bhakti di Pura Saraswati, Kampus IAHN Gde Pudja Mataram dan Dijalnjutkan ke Pura Batu Bolong. Setelah melakukan sembah bhakti dijalnjutkan dengan acara Dharma Tula dan Gotong royong di areal Pura.

Semoga Kegiatan ini dapat menjadikan kita menjadi karakter yang lebih baik lagi.

Gambar selengkapnya dapat dilihat melalui tautan berikut : IG IAHN Gde Pudja Mataram.

Bagikan berita: