background

BERITA

Rektor IAHN Gde Pudja Matram menghadiri acara seminar kerohanian & keagamaan


Image

Mataram, Rektor IAHN Gde Pudja Matram menghadiri acara seminar kerohanian & keagamaan menyungsung tema " Menyeimbangkan Pemahaman Masyarakat Terhadap Sekala & Niskala" bertempat di Aula Rektorat Lt. III IAHN Gde Pudja Mataram. Dalam kegiatan ini  Rektor IAHN Gde Pudja Mataram Dr. Ir. I Wayan Wirata, A.Ma.,SE.,M.Si Memberikan sambutan sekaligus membuka acara seminar kerohanian & keagamaan. Pada sambutannya  Rektor menyampaikan ucapan selamat  serta mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan ini. Sekala dan niskala memiliki makna sesuatu yang terlihat dan tidak terlihat serta kepercayaan tersebut mengantarkan masyarakat Bali menuju kehidupan yang seimbang.
konsep niskala adalah dunia maya, dunia yang tidak terlihat oleh mata namun diyakini ada dan memiliki kekuatan yang amat besar dan mampu mempengaruhi manusia itu sendiri menuju arah yang lebih baik atau buruk tergantung bagaimana manusia itu meyakininya.
Bisa di bilang dunia nyata dan dunia maya/goib. Jadi sekala dan niskala merupakan suatu koneksi yg tak terwujud. sehingga kerauhan atau kerasukan itulah yang menjadi penghubung dunia nyata dan dunia maya, ucap rektor.

Bagikan berita: