background

PENDIDIKAN AGAMA HINDU (S2)

Visi

Menjadi program studi magister pendidikan agama Hindu yang dapat menghasilkan lulusan berkarakter mulia, inovatif dan kompetitif Tahun 2025

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan, pengajaran, dan pelatihan secara professional dalam rangka meningkatkan kualitas pengetahuan dan keterampilan bidang pendidikan agama Hindu
  2. Melaksanakan penelitian dan publikasi hasil-hasil penelitian dalam bidang pendidikan agama Hindu.
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat berbasis hasil penelitian dalam rangka penguatan keluarga Hindu.
  4. Melakukan kerjasama dengan Instansi terkait, serta PT dalam dan Luar Negeri untuk pengembangan pendidikan

Tujuan

Berdasarkan visi dan misi Program Studi S2 Pendidikan Agama Hindu di atas maka tujuan
yang ingin diwujudkan oleh Program Studi adalah sebagai berikut:
a. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang pendidikan Agama Hindu
dan memiliki kemampuan menerapkan potensi kecerdasan intelektual, emosional, dan
spiritual sebagai pemimpin, perencana, pengelola dan pengawas pendidikan
b. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dalam bidang pendidikan agama Hindu
yang ditindaklanjuti dengan publikasi ilmiah nasional maupun internasional.
c. Mengembangkan kegiatan pengabdian dibidang pendidikan agama Hindu berbasis hasil
pelitian.
d. Menghasilkan civitas akademika dan tenaga kependidikan yang menganut pelayanan
prima.
e. Menghasilkan kemampuan kolaboratif dengan instansi terkait, serta PT dalam dan Luar
Negeri untuk pengembangan pendidikan

Sasaran

  1. Pada tahun 2016/2017 dirancang sebanyak 80% mahasiswa menyelesaikan studi tepat (2 tahun) dengan IPK lulusan minimal rata-rata 3.65.
  2. Mulai 2015 setiap dosen minimal menghasilkan satu penelitian dan satu kali mengadakan pengabdian kepada masyarakat yang berkaitan dengan kependidikan, kepemimpinan, pengelolaan, perencanaan, dan kepengawasan pendidikan
  3. Pada tahun 2016 minimal satu orang dosen menulis karya ilmiah pada jurnal nasional dan/atau international, empat dosen menulis karya ilmiah pada jurnal yang sudah ISSN.
  4. Peningkatan kinerja pelayanan pada Prodi Magister Pendidikan Agama Hindu
  5. Pada tahun 2016 minimal 5 kerjasama dengan instansi terkait untuk pengembangan kependidikan, perencanaan, dan kepengawasan pendidikan

Sejak beroperasi program studi ini pada tahun akadmik 2015/2016 telah mengembangkan berbagai strategi untuk mewujudkan tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.

Strategi yang dilakukan pada tahun 2015/2016 antara lain:  

  • Melakukan revisi kurikulum berbasis Kompetensi, life skill, softskill (caracter building) secara efektif dan efisien untuk memenuhi tuntutan lapangan kerja sesuai dengan level 8 KKNI melaluli FGD, lokakarya dan workshop yang diikuti oleh dosen dan pemangku kepentingan.
  • Mengikut sertakan dosen dan mahasiswa dalam workshop pemantapan dan peningkatan kemampuan dibidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara kolaboratif.
  • Mengikut sertakan dosen mengikuti workshop penulisan artikel ilmiah yang dapat dipublikasikan nasional dan internasional baik yang dilaksanakan oeh PT sendiri maupun di luar PT sendiri
  • Mengikutkan pengelola program studi Magister Pendidikan Agama Hindu pelatihan sistem penjaminan mutu BAN-PT.
  • Menjalin kerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kemenag Provinsi NTB, mendesain dan menyelenggarakan diklat melalui bakti akademik.

 

Strategi pencapaian tujuan dan sasaran pada tahun 2016/2017 antara lain:

  • Mengadakan FGD untuk memperkuat kompetensi dan spesialisasi lulusan yang mencakup penyusunan RPS dan RTM serta workshop peningkatan mutu akademik;
  • Melakukan workshop pemantapan peningkatan kemampuan dosen dan mahasiswa untuk penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara kolaboratif.
  • Mengadakan pelatihan penyusunan buku ajar (teks book) bagi dosen

Melakukan Studi Pengayaan lapangan ke perguruan tinggi yang sudah memiliki pola pengelolaan yang lebih bermutu dan sekaligus melakukan kerjasama dalam bidang pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

 

 

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan (Learning Outcomes)

No

Profil

Capaian Pembelajaran

1

 Pendidik Bidang Pendidikan Agama Hindu

A

Sikap

 

1.    Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

2.    Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

3.    Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

4.     Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

5.   Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

6.   Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

7.   Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

8.   Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

9.    Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

10.  Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

B

Pengetahuan

 

1.   Mampu mengkonstruksi konsep dasar teoretik dan pengetahuan dalam bidang ilmu pendidikan dan pembelajaran Agama Hindu

2.    Mampu merancang konsep, prinsip dan aplikasi berbagai metode pembelajaran inovatif  dan kreatif  yang berpusat pada mahasiswa untuk membentuk kecakapan hidup (life skill) umat  Hindu

3.    Mampu merekonstruksi prinsip, konsep dan teknik perencanaan,  pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran dalam Pendidikan Agama Hindu

4.    Mampu merancang penelitian, melaksanakan, mengumpulkan data, menganalisis data, dan menyusun laporan berdasarkan kaedah-kaedah ilmiah

5.    Mampu menerapkan temuan-temuan ilmiah dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat 

6.    Mampu mengabstraksi prinsip, konsep, dan teknik pembelajaran etika agama Hindu

7.     Mampu Mengembangkan prinsip dan konsep sastra Hindu, berbahasa Sansekerta, Jawa Kuno dan Bahasa Daerah lainnya dalam pendidikan agama Hindu

8.    Mampu menganalisis konsep-konsep teologi dalam pendidikan agama Hindu

9.    Mampu menganalisis pelaksanaan acara dan upacara Hindu dalam pendidikan agama Hindu

C

Keterampilan Umum

 

1.    Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional;

2.    Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;

3.    mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;

4.    Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;

5.    Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;

6.    Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;

7.    Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri; dan

8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

D

Keterampilan Khusus

 

1.   Mampu melaksanakan pendidikan dan pembelajaran agama Hindu menggunakan pendekatan  berpusat pada siswa (student centre learning) SCL  

2.    Mampu mendesain pembelajaran yang  aktif, inovatif, berorientasi lingkungan, kreatif, efektif dan menarik (PAILKEM) berorientasi subjek didik dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar, media pembelajaran berbasis ipteks, dan potensi lingkungan setempat, sesuai standar proses dan penilaian dalam bidang pendidikan Agama Hindu;

3.    Mampu mengelola sumberdaya dalam pengelolaan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan melakukan evaluasi proses dan hasil pembelajaran secara komprehensif;

4.    Mampu mengembangkan riset tingkat lanjut dengan  menggunakan logika berpikir ilmiah  untuk memberikan alternatif pemecahan masalah  kependidikan dan pembelajaran agama Hindu

5.    Mampu menentukan keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data dalam pengelolaan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan agama Hindu yang menjadi tanggung jawabnya;

6.    Mampu mengintegrasikan kajian masalah mutu, relevansi,  akses dan keberlanjutan di bidang pendidikan agama Hindu, dan menyajikan pilihan terbaik dari solusi yang telah ada untuk dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan;

7.     Mampu mengembangkan berbagai metode dan perangkat yang mendukung   (PAILKEM) dalam  pembelajaran agama Hindu

8.    Mampu mengembangkan pendidikan dan pembelajaran agama Hindu secara berkelanjutan

2

Peneliti  Bidang Pendidikan Agama Hindu

A

Sikap

 

1.   Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

2.   Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

3.   Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

4.   Beperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

5.   Mnghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

6.   Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

7.   Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

8.   Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

9.   Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

10.           Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

B

Pengetahuan

 

1.    Mampu mengkonstruksi konsep dasar teoretik metodologi penelitian dan penulisan karya ilmiah dalam bidang pendidikan agama Hindu

2.    Mampu melakukan analisis data baik secara kuantitaif maupun kualitatif.

3.    Mampu membangun konsep, prinsip dan aplikasi berbagai pendekatan, dan metode penelitian dalam bidang pendidikan agama Hindu 

4.   Mampu mengkombinasikan pengetahuan factual tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan  mutu penelitian

C

Keterampilan Umum

 

1.   Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional;

2.   Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;

3.   Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;

4.   Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;

5.   Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;

6.   Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;

7.   Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri; dan

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

D

Keterampilan Khusus

 

1.    Mampu mengembangkan kemampuan  logika berpikir ilmiah  untuk mengkaji fenomena secara teoretik maupun empirik dalam bidang ilmu pendidikan agama Hindu 

2.    Mampu mendesain riset dengan  menggunakan logika berpikir ilmiah  untuk memberikan alternatif penyelesaian masalah terkait dengan bidang ilmu pendidikan agama Hindu  serta mampu memformulasikan  penyelesaian masalah prosedural dalam bidang tersebut.

3.    Mampu menganalisis hasil kerja penelitian dan tulisannya secara individual maupun kelompok pada masyarakat keilmuan maupun masyarakat luas

 

4.    Mampu menciptakan alternatif pemecahan masalah bidang  pendidikan agama Hindu yang terjadi pada individu, kelompok, organisasi, dan masyarakat tanpa membedakan suku, agama, ras, tingkat usia, dan kekurangan fisik.

3

Administrator Satuan Pendidikan  

A

 

 

1.   Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

2.   Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

3.   Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

4.   Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

5.   Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

6.   Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

7.   Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

8.   Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

9.   Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

B

Pengetahuan

 

1.   Mampu mengkonstruksi konsep dasar teoretik bidang ilmu administrasi pendidikan dalam pendidikan agama Hindu.

2.   Mampu membangun konsep, prinsip dan aplikasi berbagai pendekatan, metode bidang ilmu administrasi pendidikan dalam pendidikan agama Hindu yang berorientasi pada pelayanan prima

3.   Mampu Membangun pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi  informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan agama Hindu

C

Keterampilan Umum

 

1.    mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional;

2.   mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;

3.   mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;

4.   mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;

5.   mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;

6.   mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;

7.   mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri; dan

8.   mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

D

Keterampilan Khusus

 

1.    Mampu mengintegrasikan konsep dasar teoretik  dalam  bidang ilmu administrasi pendidikan dalam pendidikan agama Hindu secara mendalam, serta mampu memformulasikan  penyelesaian masalah prosedural dalam bidang tersebut

2.    Mampu membangun komunikasi secara lisan dan tertulis, serta membangun hubungan interpersonal yang produktif berbasis ipteks, dan potensi lingkungan setempat, sesuai standar proses dan mutu;

3.    Mampu mengintegrasikan alternatif pemecahan masalah  bidang ilmu administrasi pendidikan dalam bidang pendidikan agama Hindu.

4.    Mampu mengelola  berorientasi mutu, relevansi,  akses dan pemerataan ilmu administrasi pendidikan dalam pendidikan agama Hindu serta menyajikan pilihan terbaik dari solusi yang telah ada untuk dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan

5.    Mampu membangun hubungan intrapersonal dan interpersonal secara konstruktif dan bertanggungjawab untuk membantu menyelesaikan persoalan pendidikan dan kemasyarakatan baik secara individu maupun kelompok