background

BERITA

IAHN Gde Pudja Mataram Gelar Wisuda Sarjana dan Pascasarjana Tahun 2023


Image

Mataram -  Institut Agama Hindu Negeri (IAHN) Gde Pudja Mataram menggelar wisuda ke-XX Sarjana dan Wisuda ke-VIII Pascasarjana dalam Sidang Senat Terbuka di Narmada Convention Hall Jln. Majapahit No 11 Pagesangan barat Kota Mataram, Sabtu, 29 Juli 2023. Sebanyak 147 orang diwisuda pada wisuda tahun ini.

Wisudawan IAHN Gde Pudja Mataram pada periode kali ini terdiri dari 14 orang dari Program Studi (Prodi) S2 Ilmu Komunikasi Hindu, empat orang Prodi S2 Pendidkan Agama Hindu, 32 orang Prodi Pendidikan Agama Hindu, tiga orang Prodi Pendidikan Seni dan Budaya Keagamaan Hindu, 13 orang Prodi Pendidikan Guru-PAUD, 25 orang Prodi Ilmu Hukum Agama Hindu, tujuh orang Prodi Filsafat Agama Hindu, dan 49 orang dari Prodi Ekonomi Hindu.

Rektor IAHN Gde Pudja Mataram, Dr. Ir. I Wayan Wirata, A.Ma.,S.E.,M.Si., dalam pidatonya mengatakan, wisuda tahun ini mengusung tema terwujudnya generasi muda milenial yang moderat, adaptif, unggul, dan berdaya saing serta berkarakter mulia.

“Tema besar ini menjadi perhatian serius kami, bahwa kami dan seluruh civitas akademika telah mengambil suatu terobosan dan langkah strategis, mendukung dan berparitisasi dalam mengisi pembangunan melalui pemberdayaan tokoh agama, tokoh masyarakat, dan melibatkan pemerintah dalam mengedepankan nilai kerukunan dan nilai harmoni,” ujar Rektor.

Visi unggul IAHN Gde Pudja juga membuka cakrawala pola pikir untuk mengkontruksi dan memajukan inovasi dalam meningkatkan daya saing sumber daya manusia (SDM) Indonesia dan khususnya Hindu. “Kami juga meningkatkan riset unggulan dengan skala nasional dan internasional,” ujar Rektor.

Rektor juga mengajak para wisudawan untuk menuntut ilmu setinggi-tingginya. Ia meminta para wisudawan jangan pernah meremehkan orang lain.

“Saya berharap IAHN Gde Pudja Mataram menyentuh seluruh lapisan dan kepentingan masyarakat, khususnya masyarakat Hindu dan generasi muda di NTB, sehingga mampu meningkatkan SDM secara spiritual dan ssecara sosial dalam mendukung kerukunan dan persatuan bangsa Indonesia. Dalam hal ini, IAHN harus mampu menjadi contoh dan garda terdepan membangun manusia yang unggul, berkarakter, dan memiliki daya saing,” harap Rektor.

Wisuda tahun ini juga dihadiri oleh Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Dirjen Bimas) Hindu Kementerian Agama RI, Prof. Dr. Drs. I Nengah Duija, M.Si. Dalam sambutannya ia memotivasi para wisudawan untuk meraih kesukesan nantinya.

“Selamat kepada wisudawan dan wisudawati, selamat kepada orang tua, kami kembalikan anak bapak ibu untuk mengabdi ke tengah masyarakat,” ujar Dirjen.

Gubernur NTB yang diwakili Asisten II Setda NTB, Dr. H. Fathul Gani, M.Si., menyampaikan, gubernur mengucapkan selamat kepada para wisudawan. Semoga apa yang didapatkan selama jenjang pendidikan dapat bermanfaat dalam bermasyarakat. “Semoga kehadiran para wisudawan dan para sarjana di tengah masyarakat memberikan manfaat,” harapnya.

Wisuda tahun ini juga diisi oleh orasi ilmiah yang disampaikan dosen IAHN Gde Pudja Mataram, Dr. Drs. I Nyoman Murba Widana, M.Ag. Seusai sambutan-sambutan, kegiatan wisuda diisi dengan pembacaan SK wisuda dan prosesi wisuda berupa pemindahan tali toga oleh Rektor IAHN Gde Pudja Mataram. Rektor juga memberikan penghargaan kepada para wisudawan terbaik.

Prosesi wisuda IAHN Gde Pudja Mataram tahun 2023 juga berlangsung semarak dengan adanya tarian penyambutan dan dekorasi ruangan yang menghiasi acara sakral ini.

Wisuda IAHN Gde Pudja Mataram dihadiri oleh Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama, Gubernur NTB yang diwakili Asisten II Setda NTB, Wali Kota Mataram yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan Kota Mataram, Kanwil Kemenag NTB, Senat dan Anggota Senat IAHN Gde Pudja Mataram, ketua organiasasi kemasyarakatan Hindu di NTB, para rektor perguruan tinggi di NTB, dan dosen serta pegawai IAHN Gde Pudja Mataram. Hadir juga pendamping para wisudawan dan undangan lainnya.

Bagikan berita: