background

BERITA

IAHN Gde Pudja Mataram Gelar Workshop Penyesuaian Rumpun/Bidang Ilmu pada Aplikasi SISTER Dosen


Image

Mataram – SISTER (Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi) adalah Aplikasi dari Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang diluncurkan melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti yang nantinya digunakan sebagai portofolio tenaga pendidik diseluruh Indonesia.Aplikasi ini mempermudah untuk mengakses portofolio dosen, data-data formal seperti aktivitas dosen, riwayat pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat dapat terlihat yang akhirnya mempermudah perencanaan pengembangan kompetensi dan karir dosen. Dengan adanya Aplikasi SISTER ini sangat membantu Dosen untuk bisa membangun portofolio dan mengkompilasikan aktivitas dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

IAHN Gde Pudja Mataram menggelar workshop penyusunan rumpun/bidang ilmu pada aplikasi SISTER Dosen.Kegiatan ini berlangsung secara daring dan luring diaula lantai III IAHN Gde Pudja Mataram Jalan Pancaka 7 B Mataram pada hari Jumat, 09 Juni 2023. Hadir dalam kegiatan tersebut sebagai narasumber yaitu Ditjen Bimas Hindu Kementerian Agama RI Prof. Dr. Drs. I Nengah Duija, M.Si dan Direktur Pendidikan Tinggi Ditjen Bimas Hindu  Dr. I Made Sukarta. Kegiatan dihadiri 112 orang yang terdiri dari10 orang panitia dan 102 peserta.  Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk memperoleh wawasan terkait rumpun/bidang ilmu serta penyesuaian rumpun ilmu/bidang ilmu sesuai dengan aplikasi SISTER. Ketua panitia sekaligus moderator pada kegiatan ini Dr. I Wayan Ardhi Wirawan, S.Ag., S.Pd., M.Si.

Selanjutnya, Dr. I Wayan Sumertha, M.Ag selaku Wakil Rektor I bidang akademik kemahasiswaan dan kerjasama yang mewakili bapak Rektor IAHN Gde Pudja Mataram menyampaikan bahwa kita telah memiliki 7 asesor NIRA yang akan mevalidasi BKD Dosen pada aplikasi SISTER. Terkait dengan penyesuaian dari rumpun/bidang ilmu pada workshop ini, bisa mendapatkan solusi dan diterapkan pada sistem Dikti serta diharapkan kepada seluruh peserta agar mengikuti kegiatan ini dari awal sampai akhir. “ujar Dr. I Wayan Sumertha.

Ditempat yang sama, Bapak Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama RI Prof. Dr.Drs. I Nengah Duija, M.Si menyampaikan beberapa terkait dengan rumpun/bidang ilmu diantaranya

  • Rumpun ilmu Humaniora merupakan rumpun Ilmu Pengetahuan yang mengkaji dan mendalami nilai kemanusiaan dan pemikiran manusia, antara lain filsafat, ilmu sejarah, ilmu bahasa, ilmu sastra, ilmu seni panggung, dan ilmu seni rupa.
  • Rumpun ilmu sosial merupakan rumpun Ilmu Pengetahuan yang mengkaji dan mendalami hubungan antar manusia dan berbagai fenomena Masyarakat, antara lain sosiologi, psikologi, antropologi, ilmu politik, arkeologi, ilmu wilayah, ilmu budaya, ilmu ekonomi, dan geografi.
  • Rumpun ilmu formal merupakan rumpun Ilmu Pengetahuan yang mengkaji dan mendalami sistem formal teoritis, antara lain ilmu komputer, logika, matematika, statistika, dan Sistema
  • Rumpun ilmu terapan merupakan rumpun Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang mengkaji dan mendalami aplikasi ilmu bagi kehidupan manusia antara lain pertanian, arsitektur dan perencanaan, bisnis, pendidikan, teknik, kehutanan dan lingkungan, keluarga dan konsumen, kesehatan, olahraga, jurnalistik, media massa dan komunikasi, hukum, perpustakaan dan permuseuman, militer, administrasi publik, pekerja sosial, dan transportasi.
  • Rumpun ilmu agama merupakan rumpun Ilmu Pengetahuan yang mengkaji keyakinan tentang ketuhanan atau ketauhidan serta teks-teks suci agama antara lain ilmu ushuluddin, ilmu syariah, ilmu adab, ilmu dakwah, ilmu tarbiyah, filsafat dan pemikiran Islam, ekonomi Islam, ilmu pendidikan agama Hindu, ilmu penerangan agama Hindu, filsafat agama Hindu, ilmu pendidikan agama Budha, ilmu penerangan agama Budha, filsafat agama Budha, ilmu pendidikan agama Kristen, ilmu pendidikan agama Katholik, teologi, misiologi, konseling pastoral, dan ilmu pendidikan agama Khong Hu Cu. “Ujar Prof. Dr. Drs. I Nengah Duija, M.Si.

Bagikan berita: