background

BERITA

IAHN Gde Pudja Mataram Jalin Kerjasama dengan UIN Sumatera Utara Medan


Image

Medan (14/07/2023). Rektor IAHN Gde Pudja Mataram menandatangani nota kesepahaman antara Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram dengan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Medan di Gedung Rektorat UINSU Medan.
Kerjasama antara IAHN dengan UINSU guna meningkatkan kualitas kedua institusi terutama dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Kunjungan Rektor, Dr. Ir. I Wayan Wirata, A.Ma., S.E., M.Si., ke UINSU Medan didampingi oleh Koprodi S1 Pariwisata Budaya dan Keagamaan (I Ketut Putu Suardana, M.I.Kom.), Pembimas Hindu Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara (Elirosa Tarigan, S.E.), dan Ketua PHDI Kabupaten Karo Sumatera Utara (Komang).
Rombongan Rektor diterima langsung oleh Wakil Rektor III UINSU Medan, Prof. Dr. Katimin, M.A. beserta Kabiro dan para Dekan di lingkungan UINSU Medan.
Pihak UINSU menyambut baik kerja sama yang dilakukan antara IAHN Mataram dengan UIN Medan. Apalagi kedua institusi berada di bawah kementerian yang sama, yakni Kementerian Agama.
"Kami menyambut baik MoU ini, harapan kami semoga tidak hanya terbatas pada MoU saja. Harus ditindaklanjuti dengan MoA sebagai aksi nyata kerjasama ini" ungkap Prof. Katimin.
Ia bahkan menyampaikan bahwa UINSU sangat perlu menjalin kerjasama dengan kampus Hindu.
"UINSU ada mata kuliah Teologi Lintas Agama yang didalamnya ada teologi Hindu seharusnya diajar oleh dosen Hindu" tambahnya.
Sementara itu, I Wayan Wirata menyampaikan pentingnya kerjasama kedua belah pihak. Terlebih IAHN Gde Pudja Mataram di tengah kelemahannya secara struktur organisasi yang sangat ramping, belum adanya guru besar juga menjadi tantangan perguruan tinggi. Oleh karenanya kerjasama dengan UINSU yang memiliki banyak guru besar diharapkan dapat memberi kontribusi positif bagi IAHN.
"Kami di IAHN hanya memiliki wakil rektor dua orang, wakil dekan dua orang, fakultas hanya dua, sangat ramping. Terlebih lagi kami belum memiliki guru besar sampai saat ini. Oleh karena itu dengan kerjasama ini kami harap dapat memberi kontribusi positif bagi lembaga kami." ungkapnya. (pm)

Bagikan berita: