background

BERITA

Prodi Ekonomi Hindu Lakukan Pendampingan Pengelolaan Lahan Kering dan Manajemen KUB di Karang Anyar


Image

Lembar - Dosen dan mahasiswa Program Studi S1 Ekonomi Hindu Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat (PkM) di Dusun Karang Anyar Desa Jembatan Kembar Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat. PkM Prodi Ekonomi Hindu diselenggarakan sejak 15 Juli 2023 dan resmi ditutup oleh Koprodi Ekonomi Hindu, Ni Putu Anom Pancawati, M.Ak. kemarin (19/07/2023).
Kegiatan PkM diikuti oleh warga Hindu di Dusun Karang Anyar, Kepala Desa Jembatan Kembar, Ketua PHDI Lobar, PHDI Lembar dan unsur Toga dan Toma didaerah tersebut. Kegiatan dibuka oleh Wakil Rektor I IAHN Gde Pudja Mataram, Dr. Drs. I Wayan Sumertha, M.Ag.
Selama PkM, warga secara antusias hadir Bale Banjar Bhakti Dharma Sari di Karang Anyar. Warga dewasa hingga anak-anak antusias mengikuti pendampingan dari pembina PkM.
Usai pelaksanaan PkM masyarakat lebih memahami tentang pengelolaan lahan kering dan manajemen KUB dengan baik. Hal itu diimplementasikan oleh KUB Kelompok Tani Jagung di daerah setempat.
Selain fokus pada pendampingan usaha dan pengelolaan lahan, tim PkM juga memberikan pembinaan generasi muda terkait seni dan praktik keagamaan. Diantaranya anak-anak Pasraman ditempat itu diberikan pembinaan tentang Yoga, Tari dan ritual keagamaan Hindu lainnya. (pm)

Bagikan berita: