background

BERITA

Rektor IAHN GPM Simakrama Bersama Bupati Blitar dan 30 Ribuan Umat Hindu di Pantai Jolo Sutro Jawa Timur


Image

Blitar, Rektor Institut Agama Hindu Negeri (IAHN) Gde Pudja Mataram, I Wayan Wirata melakukan kunjungan kerja ke wilayah Blitar Raya di Jawa Timur. Pada kunjungan tersebut rektor didampingi Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) IAHN Gde Pudja Mataram, I Ketut Putu Suardana dan tim sosialisasi PMB mesimakrama bersama Bupati Blitar, Rini Syarifah dan lebih dari tiga puluh ribu umat Hindu di Pantai Jolo Sutro Blitar Provinsi Jawa Timur.
Kegiatan simakrama dilakukan rektor bersama rombongan pada saat pelaksanaan upacara mekiis/melasti menyambut hari raya Nyepi Tahun Saka 1945 (Selasa, 14 Maret 2023). Pada kesepatan tersebut, I Wayan Wirata juga memberikan dharma wacana terkait makna upacara melasti yang dihadiri oleh Pembimas Hindu Jawa Timur, Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur, Bupati dan Forkopimda Blitar Raya, Ketua PHDI Blitar, Ketua MGMP Pendidikan Agama Hindu SMA/SMK Jawa Timur serta puluhan ribu umat Hindu Jawa se Kabupaten Kota Blitar.
Pada dharma wacananya I Wayan Wirata mengatakan bahwa upacara melasti merupakan rangkaian hari raya Nyepi yang sangat penting untuk diikuti oleh umat Hindu.
"Melasti hendaknya dapat diikuti oleh seluruh umat Hindu karena ritual ini sangat penting dalam rangkaian hari raya Nyepi. Upacara Melasti adalah upacara penyucian diri secara skala dan niskala untuk menyambut hari raya Nyepi oleh seluruh umat Hindu" ungkapnya.
Pada kesempatan yang sama, rektor yang akrab disapa Mangku Wirata ini juga mengajak umat Hindu di Blitar untuk ikut serta menjamin kualitas sumber daya manusia (SDM) Hindu dengan cara menempuh pendidikan tinggi, salah satunya di IAHN Gde Pudja Mataram. Pihaknya bahkan berjanji akan memberikan beasiswa hingga belasan juta setiap tahun kepada umat Hindu Blitar yang memenuhi syarat sebagaimana peraturan yang ada jika kuliah di IAHN Gde Pudja Mataram.
"Kami memiliki program beasiswa hingga belasan juta setiap tahun untuk satu orang mahasiswa demi menjamin kualitas SDM umat Hindu Blitar. Beasiswa itu akan kami berikan kepada mahasiswa, salah satunya yang berasal dari Blitar Raya ini" tandasnya.

Bagikan berita: