background

BERITA

SEMARAK HARI RAYA SARASWATI BERSAMA KELUARGA BESAR IAHN GDE PUDJA MATARAM


Image

Mataram, 13 Juli 2024 - Hari Raya Saraswati, yang jatuh setiap Saniscara Umanis, Wuku Watugunung, dirayakan dalam nuansa religius,  penuh kesungguhan oleh civitas Institut Agama Hindu Negeri (IAHN) Gde Pudja Mataram. Pada pagi hari pukul 08.00 WITA, IAHN Gde Pudja Mataram menggelar perayaan rutin hari raya Saraswati yaitu  hari turunnya ilmu pengetahuan. Pada kegiatan kali ini Wakil Direktur Pascasarjana, Bapak Dr. Putu Somiartha, S.E, M.Si, didapuk sebagai Ketua Panitia.

Rektor IAHN Gde Pudja Mataram, Bapak Prof. Dr. Ir. I Wayan Wirata, A.Ma., S.E., M.Si., M.Pd., hadir dan  memberikan sambutan serta doa untuk  keberlangsungan acara. Kehadiran Rektor dalam kegiatan ini  menambah semangat dalam suasana kekeluargaan sebagai keluarga besar IAHN Gde Pudja Mataram.

Acara ini juga dihadiri Tim Asesor BAN-PT yang ingin melihat dan menikmati suasana religius perayaan Saraswati di Kampus kita yang tercinta , bersama ini berkenan juga hadir tokoh masyarakat seperti: Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi NTB, Ketua PHDI Kota Mataram, Ketua Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI) Kota Mataram, dan masyarakat.

Hari raya Saraswati dan sekaligus pelaksanaan Pujawali Pura Saraswati IAHN Gde Pudja Mataram ini dipimpin oleh Ida Pedanda Gde Sebali Pijaksan Yoga Astawa dari Griye Saksari Tohpati. Dalam kegiatan upacara ini dirangkaikan berbagai tarian tradisional yang indah dan sakral seperti Tarian Rejang Dewa dibawakan oleh Civitas Akademika, tari canang Sari dan tari Topeng Sidakarya juga memeriahkan suasana dengan gerak dan irama yang syarat dengan unsur religius. Tarian-tarian ini tidak hanya menambah nuansa religius, namun aspek estetika menambah kesemarakan dan keindahan upacara. Kegiatan perayaan hari besar keagamaan seperti ini mengingatkan kita akan kekayaan budaya dan tradisi Hindu yang terus dijaga dan dilestarikan.

Persiapan untuk acara ini telah dilakukan pada tanggal 12 Juli 2024 dengan kegiatan Matur Piuning dan Mendak Tirte ke Pura Suranadi yang diberikan tugas kepada Fakultas Dharma Duta, Brahma Widya dan Dharma Sastra serta ke Pura Pancaka yang diberi tanggungjawab ke Fakultas Dharma Acharya, Kepala Biro AUAK dan Kepala Bagian Umum dan Layanan Akademik beserta jajarannya. Pujawali ini sendiri berlangsung pada Sabtu tanggal 13 Juli 2024.

Pada malam harinya, akan  diisi dengan rangkaian acara Mekemit dan Acara Malam Sastra, yang diisi dengan Dharma Wacana tentang ajaran Hindu. Acara ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pemahaman umat sedharma tentang proses turunnya dan arti penting ilmu pengetahuan dalam peningkatan nilai spritual serta nilai-nilai luhur dalam agama Hindu..

Keesokan harinya, pada tanggal 14 Juli 2024, rangkaian acara dilanjutkan dengan kegiatan Banyu Pinaruh yang akan dilaksanakan di Pura Batu Bolong. Kegiatan ini menjadi bagian penting dari perayaan hari raya Saraswati, di mana para peserta akan melakukan penyucian diri sebagai simbol pensucian jiwa dan raga.

Perayaan hari raya Saraswati ini menjadi momen penting bagi umat Hindu untuk bersyukur dan memohon anugerah dari Dewi Saraswati yaitu Dewi Ilmu Pengetahuan dan Seni, agar senantiasa memberikan inspirasi dan kebijaksanaan dalam kehidupan, diberikan ketajaman pikiran untuk senantiasa dapat mendharmakan ilmu pengetahuan yang diperoleh. By AS (Humas dan Protokol)

Bagikan berita: