background

BERITA

DUA ALUMNI IAHN GDE PUDJA MATARAM MASUK NOMINASI GURU AGAMA HINDU BERPRESTASI TINGKAT NASIONAL 2024


Image

Dua alumni Institut Agama Hindu Negeri (IAHN) Gde Pudja Mataram berhasil lolos sebagai finalis dalam ajang Anugerah Guru Pendidikan Agama Hindu (PAH) Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2024. Kedua alumni tersebut mewakili Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Mereka adalah Ni Komang Purnawati, Gr., S.Pd.H, guru PAH di SMAN 4 Mataram, dan Ika Widiastuti, Gr., S.Pd.H, guru PAH di SDN 16 Cakranegara. Ajang prestisius yang diadakan  Ditjen Bimas Hindu Kementerian Agama Republik Indonesia ini merupakan bentuk apresiasi kepada para pendidik Agama Hindu yang berprestasi dalam kompetisi nasional.

Proses seleksi dan kompetisi ini telah dilaksanakan  tanggal 3 hingga 5 Oktober 2024, dengan penilaian mendalam terhadap portofolio dan prestasi para guru yang terlibat. Berdasarkan hasil penilaian dewan juri, kedua guru tersebut dinyatakan lolos dan berhak melanjutkan ke tahap final.

Ika Widiastuti, yang merupakan guru PAH di jenjang Adi Widyalaya (Sekolah Dasar), selanjutnya bersaing dengan lima guru PAH lain dari berbagai wilayah di Indonesia. Perempuan kelahiran Sumbawa pada 5 Maret 1986 ini merupakan lulusan Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) Gde Pudja Mataram pada tahun 2010. Selama kariernya sebagai pendidik, Ika telah mengikuti berbagai pelatihan dan workshop sebanyak 36 kali. Ia juga pernah mengajar di SDK St. Antonius Cakranegara dan memiliki pengalaman sebagai narasumber di berbagai kegiatan pendidikan.

Prestasi Ika tidak hanya terbatas di ruang kelas. Beliau juga pernah meraih dalam kejuaraan  Festival Masyarakat Sekolah/Guru SD Berprestasi dan telah melahirkan dua karya tulis berupa buku digital berjudul Tri Kaya Parisudha (ISBN 978-623-5387-45-1) serta sebuah jurnal ilmiah berjudul Rendahnya Minat Belajar Peserta Didik Mengikuti Pembelajaran Agama Hindu (ISSN 2746-8682).

Di jenjang utama Widyalaya (Sekolah Menengah Atas atau Kejuruan), Ni Komang Purnawati, Gr., S.Pd.H, M.Pd, telah berhasil menjadi finalis. Perempuan kelahiran 21 Mei 1986 ini adalah alumni STAHN Gde Pudja Mataram, di mana ia menyelesaikan studi S1 dan S2. Sebagai seorang pendidik yang aktif, bahwa Ni Komang telah mengikuti dan menyelesaikan pelatihan dan diklat sebanyak 86 kali. Dedikasinya dalam dunia pendidikan agama Hindu telah mendulang reputasinya sampai  tingkat nasional.

Rektor IAHN Gde Pudja Mataram, Prof. Dr. Ir. I Wayan Wirata, A.Ma., S.E., M.Si., M.Pd., menyampaikan apresiasinya atas prestasi yang dicapai oleh kedua alumni tersebut. “Prestasi ini merupakan kebanggaan dan keunggulan bagi kampus dan menjadi bukti nyata bahwa lulusan IAHN Gde Pudja Mataram mampu berkompetisi dan bersaing di tingkat nasional. Semoga pencapaian mereka dapat menginspirasi dan menginovasi generasi penerus untuk terus berkarya dan mengabdikan diri bagi pendidikan agama Hindu,” ujar Rektor.

Kedua finalis tersebut akan melanjutkan perjuangan mereka di ajang Anugerah Guru PAH Berprestasi tingkat nasional, dimana penentuan pemenang akan dilakukan melalui seleksi dan penilaian yang ketat. Prestasi ini diharapkan dapat mengangkat nama kampus IAHN Gde Pudja Mataram dan nama daerah di kancah nasional serta memotivasi alumni lainnya untuk terus berprestasi dalam dunia pendidikan. By PM (Tim Humas dan Protokol)

Bagikan berita: