background

BERITA

IAHN GDE PUDJA MATARAM GELAR PENGABDIAN MASYARAKAT DI RISHIKESH, INDIA: PERKUAT DIALOG KEAGAMAAN DAN BUDAYA


Image

Rishikesh – IAHN Gde Pudja Mataram memperluas kontribusi pengabdian masyarakat ke tingkat internasional melalui kegiatan di dua lokasi utama di Rishikesh, India, pada awal Sepember 2024. Kegiatan ini dipimpin oleh Rektor IAHN Gde Pudja Mataram, Prof. Dr. Ir. I Wayan Wirata, A.Ma., S.E., M.Si., M.Pd., bersama Ketua LPPM, Prof. Dr. Drs. I Nyoman Murba Widana, M.Ag., Kepala UPT Bahasa, Dewi Kusumasanthi, B.Com. MA, dan fasilitator, Ida Rsi Putra Manuaba.

Pada tanggal 4 September 2024, tim mengawali pengabdian di Ashram Paramarth Niketan, Rishikesh, yang dikelola oleh Pujya Swami Chidanand Saraswatiji Maharaj. Kegiatan di sini berpusat pada dialog keagamaan dan budaya bersama para pengempon Padmasana, dengan fokus pada penguatan pemahaman nilai-nilai spiritual Hindu yang menghubungkan India dan Indonesia. Tim IAHN Gde Pudja turut berpartisipasi dalam menjaga kebersihan lingkungan dan meningkatkan fasilitas Padmasana di area ashram, sebagai bentuk kepedulian lingkungan dan spiritual.

Pada tanggal 5 September 2024, pengabdian berlanjut di Satuan Pendidikan Sri Darshan Mahavidyalay di bawah manajemen Sri Sanjay Shastri Ji dan kepemimpinan Sri Vansidhar Pokhriyal. Disini, dialog lebih berfokus pada pertukaran budaya, dengan diskusi mendalam tentang praktik-praktik budaya di kedua negara. Agenda ini bertujuan untuk memperkuat pemahaman lintas budaya dan memperdalam hubungan bilateral antara Indonesia dan India.

Kegiatan ini mencerminkan komitmen IAHN Gde Pudja Mataram dalam memperluas dialog keagamaan dan budaya di ranah internasional, sebagai perwujudan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mencakup pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. By AR (Tim Humas dan Protokol)

Bagikan berita: