background

BERITA

IAHN GDE PUDJA MATARAM KOMITMEN LAKSANAKAN SOLUSI PENGELOLAAN LIMBAH KAMPUS SETELAH WORKSHOP NASIONAL UI GREENMETRIC 2024


Image

Mataram, 16 Oktober 2024 – IAHN Gde Pudja Mataram berkomitmen untuk segera menerapkan langkah-langkah pengelolaan limbah kampus yang berkelanjutan, setelah mengikuti Workshop Nasional Campus Waste Solution UI GreenMetric 2024. Workshop yang mengangkat tema "One Small Step for Campus, One Giant Leap for Earth" ini berlangsung selama dua hari, 15-16 Oktober 2024, di Gedung Auditorium UIN Mataram.

Dalam kegiatan ini, Rektor IAHN Gde Pudja Mataram, Prof. Dr. Ir. I Wayan Wirata, S.E., A.Ma., M.Si., M.Pd, menyimak pemaparan materi mengenai urgensi pengelolaan limbah kampus di Indonesia, terutama mengingat posisi negara sebagai salah satu penghasil sampah terbesar di dunia. Materi ini menekankan pentingnya peran institusi pendidikan tinggi dalam mencari solusi berkelanjutan untuk masalah sampah, dengan kampus sebagai titik awal gerakan perubahan.

Prof. Wayan Wirata menyatakan bahwa IAHN Gde Pudja Mataram akan segera mengambil langkah-langkah konkrit berdasarkan rekomendasi yang disampaikan dalam workshop ini. Salah satunya adalah mengajak civitas akademika untuk berpartisipasi aktif dalam pengelolaan sampah dan limbah di lingkungan kampus, serta mengedepankan pemikiran inovatif untuk menghadapi tantangan lingkungan. "Kami di IAHN Gde Pudja Mataram berkomitmen untuk menjadikan kampus kami sebagai model dalam pengelolaan limbah yang ramah lingkungan," ungkapnya setelah kegiatan.

Selain itu, dosen di IAHN Gde Pudja Mataram diharapkan dapat berkontribusi secara akademis dengan menulis buku terkait solusi pengelolaan limbah kampus, guna menyebarluaskan kesadaran dan praktik-praktik terbaik dalam menangani masalah ini.

Rektor juga menugaskan Kabag Umum dan Layanan Akademik Ni Made Ayu Gempa Wati, S.Ag.,M.Pd.H  untuk mengikuti kegiatan ini hingga selesai. Kegiatan ini juga menjadi dorongan kuat bagi IAHN Gde Pudja Mataram untuk terus memperkuat program-program yang berfokus pada keberlanjutan lingkungan, baik melalui tindakan nyata di kampus maupun melalui publikasi ilmiah. Ayo bersama perduli bumi, selamatkan bumi.

By AR (Tim Humas dan Protokol)

Bagikan berita: