background

BERITA

Sidang Senat Terbuka IAHN Gde Pudja Mataram Dalam Rangka Dies Natalis Ke 23


Image

IAHN Gde Pudja Mataram - Sidang Senat dalam rangka Dies Natalis ke 23 dilaksanakan pada hari Rabu 21 Februari 2024 bertempat di aula lantai III rektorat IAHN Gde Pudja Mataram. Sidang Senat Terbuka dipimpin langsung oleh Rektor IAHN Gde Pudja Mataram Prof. Dr. Ir. I Wayan Wirata, S.E., A.Ma., M.Si., M.Pd didampingi seluruh anggota senat IAHN Gde Pudja Mataram. Selain civitas akademik, kegiatan ini juga dihadiri beberapa tamu undangan.

Dies Natalis kali ini mengangkat tema “ Transformasi Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram Menuju Universitas Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram dalam Mendukung Indonesia Emas 2045”.

Selanjutnya, Rektor juga menjelaskan bahwa tema acara dies natalis kali ini adalah Transformasi Makna dari transformasi adalah perubahan. Tema ini berkaitan dengan proses pengembangan Institusi Agama Hindu Gde Pudja Mataram menjadi Universitas Negeri Gde Pudja Mataram.

“Perubahan yang menuju progres kita dan akselerasi. Konsep akselerasi di dalam perguruan tinggi itu adalah menuju improvisasi dan peningkatan mutu kualitas perguruan tinggi yang disebut dengan tema di sini yang dibentuk menjadi universitas,” jelasnya.

Untuk menjadi sebuah universitas terdapat beberapa pedoman dan persyaratan yang harus dipenuhi oleh institusi. Salah satunya adalah jumlah fakultas. Dalam waktu dekat ini, Rektor mengaku bahwa akan ada penambahan 7 prodi baru di IAHN selain dari pada prodi yang sudah ada. Sekarang IAHN Gde Pudja Mataram mempunyai 2 fakultas yang terdiri dari 14 prodi diantaranya 2 program studi pada pascasarjana, 11 prodi sarjana dan 1 prodi Diploma.

Terkait dengan regulasi guna menjadi sebuah Universitas, IAHN sudah memenuhi hampir seluruh persyaratan, mulai dari jumlah guru besar, fakultas dan sumber daya manusia. Namun, terdapat keterbatasan wilayah yang dimiliki. Oleh karena itu, Rektor IAHN meminta kepada seluruh komponen masyarakat untuk berdiskusi terkait lahan pembangunan institusi ini guna mendukung transformasi dari institut ke universitas menuju visi IAHN Gde Pudja Mataram “Sebagai Pusat Kajian Hindu Yang Unggul dan Berdaya Saing, " ujar Prof I Wayan Wirata.

Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama RI Pro.f I Nengah Duija yang pada kesempatan ini berhalangan hadir turut juga mengucapkan selamat Dies Natalis IAHN Gde Pudja Mataram ke 23 dan berharap semoga di usia ini bisa merawat, menjaga konsistensi, menjadi unggul menciptakan kualitas agar bisa berjuang dan bersaing dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. 

Di akhir acara Dalam Sidang Senat Terbuka memperingati Dies Natalis ke-23 IAHN Gde Pudja Mataram ini, diisi dengan pemotongan tumpeng oleh Rektor dihadiri oleh unsur pimpinan dan dosen IAHN Gde Pudja Mataram, mahasiswa, dan tamu undangan. (tw)

Bagikan berita: