background

BERITA

TARI KEBESARAN “VAGISHWARI GUNA PARAGA” TAMPIL PERDANA DI WISUDA IAHN GDE PUDJA MATARAM


Image

Mataram, 30 Juli 2024 - Institut Agama Hindu Negeri (IAHN) Gde Pudja Mataram menggelar acara wisuda yang berlangsung meriah dengan penampilan perdana tari kebesaran “Vagishwari Guna Paraga”. Tari ini menggambarkan Dewi Saraswati dengan burung merak sebagai simbol kewibawaan, yang menunjukkan bahwa ilmu pengetahuan yang tepat dapat menciptakan kebijaksanaan dan kewibawaan.

Tari “Vagishwari Guna Paraga” penata tari oleh dosen IAHN Gde Pudja Mataram, Ni Made Ria Taurisia Armayani, S.Sn., M.Pd.H, bersama alumni I Nyoman Adi Pradnyana Putra, S.Pd. dan penata tabuh I Nengah Suberata, yang turut menjadi salah satu wisudawan dalam acara tersebut.

Dalam penampilannya, tari ini memukau hadirin dengan jumlah penari sembilan mahasiswa Unit Kegiatan Mahasiswa  (UKM) Tari dan Penabuh berjumlah duapuluh lima orang mahasiswa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Tabuh. Para penari dengan gerakan yang anggun dan penuh makna. Burung merak yang menjadi elemen utama dalam tari tersebut, mencerminkan kewibawaan Dewi Saraswati sebagai dewi ilmu pengetahuan dan seni. Penampilan tari ini tidak hanya menambah kemeriahan acara wisuda, tetapi juga memperkuat pesan bahwa pengetahuan dan kebijaksanaan adalah dasar dari kewibawaan.

Tari “Vagishwari Guna Paraga” adalah hasil kolaborasi yang harmonis antara seni dan pendidikan. Tarian ini diharapkan menjadi inspirasi bagi para lulusan untuk terus mengejar ilmu dan kebijaksanaan.

Rektor IAHN Gde Pudja Mataram, Prof. Dr. Ir. I Wayan Wirata, A.Ma., S.E., M.Si., M.Pd., memberikan apresiasi yang tinggi terhadap karya seni ini. “Tari ini tidak hanya menggambarkan keindahan seni tari tradisional, tetapi juga nilai-nilai luhur yang kami junjung di IAHN Gde Pudja Mataram. Semoga tari ini dapat menjadi ikon kebanggaan kampus kita” tuturnya.

Acara wisuda yang dihadiri oleh para wisudawan, keluarga, dan tamu undangan berlangsung dengan penuh khidmat dan kebahagiaan. Penampilan tari “Vagishwari Guna Paraga” menjadi puncak acara yang memberikan kesan mendalam bagi semua yang hadir. By PM (TIm Humas dan Protokol)

Bagikan berita: