background

BERITA

51 MAHASISWA TAHUN ANGKATAN 2024, PENERIMA BEASISWA KIP KULIAH IKUTI PEMBINAAN OLEH REKTOR IAHN GDE PUDJA MATARAM


Image

Mataram, 13 September 2024. IAHN Gde Pudja Mataram menggelar kegiatan Sosialisasi Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban (LPj) dan Pembinaan Penerima Beasiswa KIP Kuliah. Prof. Dr. Ir. I Wayan Wirata, A.Ma.,SE.,M.Si.,M.Pd. selaku Rektor IAHN Gde Pudja Mataram memberikan pengarahan sekaligus pembinaan kepada mahasiswa baru tahun 2024 yang terpilih dalam seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru melalui jalur KIP agar mempergunakan dan mempertanggungjawabkan dana beasiswa dengan efektif dan efisien yang diberikan pemerintah untuk menunjang kelancaran perkuliahan. Hadir pula Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, Kelembagaan, dan Kerjasama, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan, Kepala Biro AUAK, Kabag Umum dan Layanan Akademik sekaligus Ketua Tim Seleksi Penerimaan Beasiswa S1 dan S2, dan hadir pula Kasubag Layanan Akademik sebagai sekretaris Tim Seleksi Penerimaan Beasiswa S1 dan S2.

Sebagaimana diamanatkan oleh pemerintah untuk mewujudkan keterjangkauan dan pemerataan yang berkeadilan dalam memperoleh Pendidikan Tinggi yang bermutu dan relevan dengan kepentingan masyarakat bagi kemajuan, kemandirian, dan kesejahteraan. Pemerintah berkewajiban meningkatkan akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi serta menyiapkan manusia Indonesia yang cerdas dan kompetitif. Dengan KIP Kuliah akan menjamin keberlangsungan studi mahasiswa dan diharapkan akan memutus rantai kemiskinan dengan munculnya profil anak bangsa yang berkarakter, cerdas, dan sejahtera.

Dibutuhkan komitmen yang kuat dari para pihak agar program KIP Kuliah dapat berjalan dengan baik, sistematis, akuntabel, dan tepat sasaran kepada mahasiswa yang benar-benar membutuhkan sesuai persyaratan. Penerima beasiswa KIP kuliah mempertanggungjawabkan kepada Kuasa Pengguna Anggaran dengan membuat laporan pertanggungjawaban penggunaan dana tersebut.

I Wayan Wirata dalam sambutannya menegaskan mahasiswa yang lulus Jalur KIP adalah mahasiswa pilihan dan yang beruntung, karena masih banyak mahasiswa mengharapkan mendapatkan beasiswa KIP Kuliah ini, untuk itu diharapkan kepada mahasiswa penerima beasiswa KIP Kuliah untuk lebih berprestasi dan melaksanakan kewajibannya dengan menyelesaikan perkuliahan tepat waktu.

Ditambahkan pula sambutan oleh Wakil Rektor bidang Akademik, Kemahasiswaan, kelembagaan dan kerejasama bapak Dr. Drs. I Wayan Sumertha, M.Ag,selaku pembina mahasiswa,  penerima KIP Kuliah menggunakan dana beasiswa tidak terlalu berlebihan lebih mengutamakan kepentingan yang menunjang perkuliahan sehingga menjadi mahasiswa yang berprestasi ujarnya.

Dalam sosialisasi itu dipaparkan juga tata kelola dana program dan alokasi   dan penggunaan dana yang disampaikan oleh Ketua Tim Seleksi Penerima Beasiswa S1 dan S2 bersama Pejabat Pembuat Komitmen IAHN Gde Pudja Mataram. Dana KIP Kuliah dipergunakan untuk keperluan biaya hidup (living cost) untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari dengan tidak terlalu berlebihan dan biaya pendidikan yang meliputi sumbangan pembinaan pendidikan/UKT sesuai ketentuan yang berlaku dan peningkatan kulalitas pendidikan penerima program melalui kursus, dan seminar.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan diskusi dan tanya jawab tentang pembuatan LPJ sesuai KMA Nomor 361 Tahun 2019 dan Pedoman LPJ Penerima KIP Kuliah IAHN Gde Pudja Mataram Nomor 399 Tahun 2024 yang didampingi oleh Kabag Umum dan Layanan Akademik serta Pejabat Pembuat Komitmen Ni Putu Ayu Stiti Widyantari, S.Ag.MM.

Laporan pertanggungjawaban penggunaan dana KIP agar dikumpulkan tepat waktu dan digunakan sesuai regulasi yang berlaku karena merupakan salah satu ketentuan adminitrasi dan evaluasi dalam kelanjutan pemberian beasiswa KIP Kuliah serta untuk menghindari adanya temuan Audit Irjen“ ujar Ni Made Ayu Gempa Wati, S.Ag.,M.Pd.H selaku ketua Tim seleksi. IB.Y (Tim Humas dan Protokol)

Bagikan berita: