background

BERITA

IAHN GDE PUDJA MATARAM IKUTI PKM KOLABORATIF PTKH SE INDONESIA


Image

Dosen dan mahasiswa dari Institut Agama Hindu Negeri (IAHN) Gde Pudja Mataram turut serta dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Kolaboratif Perguruan Tinggi Keagamaan Hindu (PTKH) se-Indonesia. Kegiatan yang bertajuk "Spiritual Journey, On Site Moderation, dan Dharma Tula" ini diikuti oleh 35 peserta dari berbagai institusi, termasuk Universitas Hindu Negeri (UHN) I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) Mpu Kuturan Singaraja, STAHN Jawa Dwipa Klaten, dan Sekolah Tinggi Agama Hindu (STAH) Dharma Sentana Palu.

Perwakilan dari IAHN Gde Pudja Mataram yang mengikuti kegiatan ini adalah I Ketut Putu Suardana, M.I.Kom., Koordinator Program Studi S1 Pariwisata Budaya dan Keagamaan, I Wayan Astraguna, M.I.Kom., dosen Program Studi S1 Ilmu Komunikasi Hindu, serta dua mahasiswa dari Program Studi S1 Ilmu Komunikasi Hindu, yaitu I Gede Wira Aditya Tanaya dan Ni Komang Juliani.

PkM Kolaboratif berlangsung dari tanggal 3 hingga 8 Agustus 2024, berlokasi di berbagai titik di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Tempat-tempat yang dikunjungi antara lain permukiman Hindu di Klaten, kawasan Candi Prambanan, Kampus STAHN Jawa Dwipa, dan Pura Sanatagama di lingkungan kampus Universitas Gadjah Mada (UGM). Selain itu, rombongan juga berkesempatan mengunjungi Kraton Yogyakarta dan kawasan Malioboro.

Kegiatan PkM Kolaboratif ini diisi dengan berbagai aktivitas, seperti dharma tula, dialog keumatan, persembahyangan bersama, dan eksplorasi budaya Jawa. Acara ini dihadiri oleh Ketua STAHN Jawa Dwipa, Pembimas Hindu Kementerian Agama (Kemenag) DI Yogyakarta, Pembimas Hindu Jawa Tengah, Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) DI Yogyakarta, Ketua PHDI Kota Yogyakarta, Ketua PHDI Kabupaten Klaten, Ketua Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI) Yogyakarta, serta umat Hindu di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Seluruh rangkaian kegiatan PkM Kolaboratif ini sepenuhnya didanai oleh Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Ditjen Bimas) Hindu Kemenag RI melalui kompetisi dan seleksi yang ketat. Kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat solidaritas antar PTKH se-Indonesia serta memperdalam pemahaman budaya dan keagamaan peserta. By PM ( Tim Humas dan Protokol)

Bagikan berita: