background

BERITA

IAHN Gde Pudja Mataram targetkan Program Studi Pendidikan Agama Hindu menjadi “UNGGUL”


Image

Mataram (14/02/2024) - Fakultas Dharma Acara Institut Agama Hindu Negeri (IAHN) Gde Pudja Mataram menyambut dengan antusias kedatangan tim asesor LAMDIK yang terdiri dari Prof. Dr. Ida Ayu Gde Yadnyawati, M. Pd, dan Prof. Dr. I Gede Suwindia, S. Ag., M. A digedung Rektorat Lantai II IAHN Gde Pudja Mataram Jalan Pancaka No. 7 B Mataram. Acara ini menjadi bagian dari proses assesmen lapangan untuk program studi Pendidikan Agama Hindu dengan tujuan meningkatkan kualitas pendidikan.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Dharma Acara, Dr. Gusti Ngurah Ketut Putera, S. Ag., M. Pd, menyampaikan terima kasih atas kedatangan kedua assesor tersebut. Beliau berharap agar melalui assesmen lapangan ini, program studi pendidikan agama Hindu dapat mempertahankan akreditasinya dengan menargetkan akreditasi “UNGGUL”.
Sementara itu, sambutan dari Wakil Rektor I, Dr. Drs. I Wayan Sumertha, M.Ag yang mewakili Rektor IAHN Gde Pudja Mataram menekankan bahwa persiapan assesmen lapangan ini telah dilakukan dengan serius oleh tim akreditasi prodi. Persiapan tersebut telah dimulai enam bulan sebelumnya, sebagai bagian dari upaya untuk memastikan bahwa evaluasi ini berjalan dengan baik. Wakil rektor I juga menegaskan pentingnya akreditasi program studi sebagai tolak ukur kemajuan perguruan tinggi.
Ketua tim assesor, Prof. Dr. Ida Ayu Gde Yadnyawati, M. Pd, menyampaikan tujuan dari evaluasi ini adalah untuk meningkatkan kualitas IAHN Gde Pudja Mataram melalui peningkatan program studi pendidikan agama Hindu. Dia menegaskan bahwa assesmen adalah hal yang biasa dilakukan oleh perguruan tinggi untuk melengkapi bukti-bukti dalam proses evaluasi akreditasi.
Prof. Dr. I Gede Suwindia, S. Ag., M. A menambahkan bahwa dokumen-dokumen yang perlu diperbaiki seperti aktivitas dosen dan persentase kehadiran agar segera dilakukan perbaikan, untuk memastikan persiapan yang maksimal saat visitasi berlangsung.
Diharapkan melalui proses assesmen lapangan ini, Program Studi Pendidikan Agama Hindu dapat mempertahankan akreditasi sebelumnya sehingga memberikan kontribusi yang signifikan dalam peningkatan kualitas pendidikan agama Hindu di Indonesia.(T.W)

Bagikan berita: