background

BERITA

Permudah Akses Pendidikan Umat Hindu, Rektor Teken MoU dengan Pembimas Sumut


Image

Medan - Bertempat di Hotel Four Point' by Sheraton Kota Medan, Rektor IAHN Gde Pudja Mataram tandatangani perjanjian kerjasama dengan Pembimbing Masyarakat Hindu Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara pada Minggu (16/07/2023).
Penandatanganan perjanjian kerjasama atau MoU antara Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram dengan Penyelenggara Bimas Hindu Sumatera Utara bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM umat Hindu di Sumatera Utara.
Hal ini dilakukan melihat kondisi kurangnya SDM Hindu yang berlatarbelakang pendidikan agama di Sumut.
"Ini adalah upaya kami dari IAHN Gde Pudja Mataram untuk mendukung kualitas SDM Hindu melalu pendidikan di Sumatera Utara" ungkap Dr. I Wayan Wirata.
Sementara itu, Pembimas Hindu Sumatera Utara, Elirosa Tarigan, S.E., sangat mengapresiasi upaya Rektor IAHN Gde Pudja Mataram memajukan SDM Hindu di Sumatera Utara.
Wanita yang menaungi 30 kabupaten/kota di Sumatera Utara itu mengaku berterima kasih atas kesukarelaan rektor bersama tim PMB memberi pembinaan kepada umat Hindu di Sumatera Utara. Perempuan yang akrab disapa Rosa itu bahkan mengatakan jarang sekali ada rektor yang mau turun ke masyarakat Hindu binaannya.
"Kami berterima kasih kepada bapak Rektor yang mau kami ajak turun ke umat. Jarang sekali ada Rektor yang mau turun ke pelosok. Biasanya perguruan tinggi sosialisasi hanya dengan titip brosur saja kepada kami" ungkapnya dengan logat Batak Karo yang kental usai penandatangan MoU.
Dengan ditandatanganinya MoU kedua belah pihak, maka Pembimas Hindu Sumut berhak memberikan rekomendasi kepada calon mahasiswa yang akan mendaftar di IAHN Gde Pudja Mataram. Hal itu dapat mempermudah proses masuknya calon mahasiswa di kampus Hindu satu-satunya di Mataram ini.
Selain itu, MoU seperti ini akan dapat meningkatkan kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi oleh IAHN Gde Pudja Mataram. (pm)

Bagikan berita: