background

BERITA

PKKMB IAHN GDE PUDJA MATARAM 2024: BERKARYA, BERKUALITAS, DAN BERINTEGRITAS MENUJU INDONESIA EMAS 2045


Image

Mataram – 14 Agustus 2024. Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram menggelar kegiatan Pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun Akademik 2024/2025 dengan tema “ Berkarya, Berkualitas, dan Berintegrasi Menuju Indonesia Emas 2045”.  Bertepatan dengan hari Pramuka Nasional, bertempat di aula lantai 3 Gedung Rektorat. Acara ini dihadiri oleh seluruh pejabat tinggi kampus, termasuk Rektor, Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, Kelembagaan dan Kerjasama, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan, Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik dan Kemahasiswaan, Direktur Program Pascasarjana, Dekan Fakultas Dharma Acarya, Dekan Fakultas Dharma Duta, Brahma Widya dan Dharma Sastra, Kepala Bagian Umum dan Layanan Akademik, para ketua jurusan, serta pejabat fungsional dan struktural lainnya. Sebanyak 334 tercatat sebagai mahasiswa baru tahun akademik 2024/2025 yang terdiri dari 46 orang mahasiswa program pascasarjana S2, dan 288  orang mahasiswa program sarjana  yang mengikuti PKKMB. mahasiswa baru dengan antusias mengikuti acara pembukaan yang menandai dimulainya perjalanan akademik mereka di kampus ini.

Rektor Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram, Prof. Dr Ir I Wayan Wirata, A.Ma.,SE.,M.Si menyampaikan dalam sambutannya “ Selamat datang dan menjadi mahasiswa di Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram. Mahasiswa adalah manusia dewasa yang memiliki kemerdekaan dan keberanian untuk menentukan masa depannya sendiri. Kuliah bukan hanya untuk memperoleh ijazah tetapi ilmu yang kita peroleh jauh lebuh berharga. Ijazah hanyalah sebuah pembuktian. Mahasiswa diharapkan dapat memilih kegiatan yang sesuai dengan bakat dan minat, ada banyak UKM yang bisa diikuti. Kalian harus bersyukur bisa mengenyam pendidikan tinggi, di luar sana masih banyak yang belum bisa melanjutkan kebangku kuliah”. Ujarnya. Selanjutnya Rektor Prof. Wirata membuka secara resmi kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2024/2025 secara resmi.

Ketua Panitia PKKMB, Ni Made Ayu Gempa Wati, S.Ag., M.Pd.H, menyampaikan laporannya tentang jumlah mahasiswa baru TA 2024/2025. “PKKMB IAHN Gde Pudja Mataram diharapkan dapat menjadi fondasi yang kuat bagi mahasiswa baru dalam memulai perjalanan akademik mereka, membentuk generasi yang unggul, berkarya, berprestasi, berkarakter, dan siap menghadapi tantangan di masa depan. Mahasiswa  adalah agen perubahan, agen penggerak dan agen pelopor untuk menghasilkan berbagai solusi dari permasalahan yang dihadapi bangsa. Ketajaman intelegensi, berpikir logis, kritis, berani menyampaikan pendapat. disiplin, santun dalam berkomunikasi”.

Kegiatan PKKMB yang akan berlangsung selama empat hari, dari tanggal 14 hingga 17 Agustus 2024. Berdasarkan pedoman PKKMB Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi agar pelaaksanaan PKKMB diharapkan tidak terjadi penyimpangan ada upaya penanganan perundungan pencegahan kekerasan fisik dan fsikis dan pencegahan segala bentuk kekerasan. PKKMB dikemas menarik, menyenangkan dan mendidik. Kegiatan ini  menawarkan berbagai materi untuk memberikan pemahaman menyeluruh tentang kampus, antara lain pengenalan kebijakan rektorat, etika dan moral mahasiswa, kiat sukses belajar di perguruan tinggi, dan kebijakan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM). Mahasiswa baru akan mengikuti berbagai aktivitas seperti sembahyang bersama, materi yoga, pengenalan organisasi tata kerja kampus, sosialisasi sistem informasi akademik dan keuangan, serta pengenalan kurikulum dari berbagai jurusan. Selain itu, kegiatan sosialisasi pengisian KRS melalui sistem online SRUTI serta Materi Sistem Informasi Akademik serta pengenalan UKM dan  lebih istimewa dirangkai dengan penampilan minat bakat mahasiswa serta mengikuti upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI juga menjadi bagian penting dari rangkaian acara ini. By AR (Tim Humas dan Protokol)

Bagikan berita: