background

BERITA

Rapat Kerja Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram Dorong Transformasi Menjadi Universitas Smart dan Humanis


Image

Mataram, 4 Maret 2024 - Institut Agama Hindu Negeri (IAHN) Gde Pudja Mataram menggelar Rapat Kerja (Raker) dengan tema utama "Memantapkan Langkah Menuju Perubahan Bentuk Institut Menjadi Universitas yang Smart dan Humanis". Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari, mulai dari tanggal 4 hingga 6 Maret 2024, dihadiri oleh 120 peserta. Kegiatan berlangsung di hotel lombok Astoria Jln. Jend. Sudirman No. 40 Rembiga Kota Mataram NTB.

Ketua Panitia dalam laporannya mengungkapkan bahwa kegiatan ini didasarkan pada Surat Keputusan (SK) Rektor nomor 209 tahun 2024 dan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) IAHN Gde Pudja Mataram. Narasumber dalam kegiatan ini terdiri dari tiga orang, yakni Dirjen Bimas Hindu, Rektor IAHN Gde Pudja Mataram dan Biro Kepegawaian Sekjen Kementerian Agama. Fokus utama Raker adalah evaluasi kinerja tahun 2023, penetapan Target Kinerja Tahun 2024, serta perumusan Usulan Program Kerja Tahun 2025 guna mendukung tema perubahan bentuk menjadi Universitas.

Prof. Dr. Ir. I Wayan Wirata, S.E.,A.Ma.,M.Si.,M.Pd, selaku Rektor IAHN Gde Pudja Mataram, dalam pidatonya menegaskan pentingnya transformasi institut menjadi universitas yang smart dan humanis. Rektor menyoroti pengembangan student body, peningkatan sarana prasarana, penambahan jumlah program studi, kuantitas guru besar, dan meningkatnya jumlah akreditasi yang terakreditasi unggul.

Sementara itu, Dirjen Bimas Hindu, Prof. I Nengah Duija, memberikan arahan dan membuka rapat pimpinan tahun 2024 dengan memberikan semangat kepada civitas akademika IAHN Gde Pudja Mataram agar melakukan perubahan bentuk dari Institut menjadi Universitas dimana IAHN Palangka Raya sudah mengajukan terlebih dahulu. Hal ini disebabkan oleh persyaratan yang belum mencukupi sebagai syarat ke universitas pada IAHN Gde Pudja Mataram sehingga dilakukan beberapa kegiatan yang dapat menunjang kekurangan persyaratan tersebut. Selain itu, Dirjen Bimas Hindu menyoroti dua hal utama yang terkait Pendidikan yaitu pendidikan Widyalaya dan rencana penegerian Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Klaten.

Raker tahun ini diharapkan menjadi momentum strategis bagi IAHN Gde Pudja Mataram untuk mengkaji langkah-langkah kongkret dalam mengembangkan visi transformasi menjadi Universitas yang smart dan humanis. Dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan, diharapkan proses perubahan bentuk ini dapat berjalan dengan lancar dan memberikan dampak positif bagi pengembangan pendidikan tinggi agama Hindu di Indonesia. (T.W)

Bagikan berita: