background

BERITA

REKTOR IAHN GDE PUDJA MATARAM HADIRI SEMINAR & LOKAKARYA PENGUATAN MODERASI BERAGAMA.


Image

Jakarta, 17 Juli 2024 - Rektor Institut Agama Hindu Negeri (IAHN) Gde Pudja Mataram, Bapak Prof. Dr. Ir. I Wayan Wirata, A.Ma., S.E., M.Si., M.Pd., turut menghadiri Seminar dan Lokakarya Penguatan Moderasi Beragama yang berlangsung di The Sultan Hotel & Residence, Jakarta, dari tanggal 17 hingga 19 Juli 2024. Acara ini juga dihadiri oleh para Rektor Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) se-Indonesia.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Republik Indonesia (Balitbang Diklat Kemenag RI) ini dibuka secara resmi oleh Menteri Agama, yang diwakili oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam. Acara tersebut bertujuan untuk memperkuat membangun ekosistem moderasi beragama di kalangan akademisi dan masyarakat luas.

Selain seminar dan lokakarya, kegiatan ini juga mencakup penyusunan dan pembacaan rencana aksi oleh forum rektor PTKN se-Indonesia. Rencana aksi ini diharapkan dapat menjadi pedoman bagi para rektor beserta seluruh civitas akademika dalam mengimplementasikan nilai-nilai moderasi beragama di lingkungan perguruan tinggi masing-masing.

Rektor IAHN Gde Pudja Mataram, Bapak Prof. Dr. Ir. I Wayan Wirata, A.Ma., S.E., M.Si., M.Pd., menyampaikan pentingnya kegiatan ini dalam menciptakan rasa kepedulian untuk menjunjung tinggi nilai-nilai kebersamaan, persaudaraan serta harmonisasi dan toleransi di tengah masyarakat yang multikultur. "Melalui kegiatan ini, kita berharap dapat memperkuat pemahaman serta komitmen bersama dalam menjaga kerukunan antarumat beragama dan membangun bangsa yang toleran," ujarnya.

Dengan kehadiran para Rektor dari seluruh PTKN se-Indonesia, acara ini menjadi momentum penting untuk saling berbagi pengalaman dan strategi dalam mengembangkan moderasi beragama, serta memperkuat kerja sama antar Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri di Indonesia. By PM (Tim Humas dan Protokol)

Bagikan berita: