background

BERITA

REKTOR IAHN GDE PUDJA MATARAM IKUTI PELATIHAN REFLEKSI DAN AKTUALISASI INTEGRITAS


Image

Mataram, 27 September 2024 – Rektor Institut Agama Hindu Negeri (IAHN) Gde Pudja Mataram, Prof. Dr. Ir. I Wayan Wirata, A.Ma., S.E., M.Si., M.Pd., menjadi salah satu peserta terpilih dalam Pelatihan Refleksi dan Aktualisasi Integritas (PRESTASI) yang diadakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI). Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama serta para rektor Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) di bawah Kemenag RI.

Rektor Prof. I Wayan Wirata adalah salah satu dari hanya dua pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Hindu (PTKH) yang dipilih oleh Bapak Menteri Agama RI untuk mengikuti pelatihan ini. Dari total 40 peserta yang hadir, beliau dipilih bersama sejumlah pejabat terkemuka lainnya dari berbagai institusi keagamaan di seluruh Indonesia. Pelatihan ini berlangsung di Pusdiklat Tenaga Administrasi Ciputat, Tanggerang, Banten, mulai dari tanggal 24 hingga 27 September 2024.

Penugasan Prof. I Wayan Wirata mengikuti kegiatan penting ini ditetapkan berdasarkan Surat Tugas yang ditandatangani langsung oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, dengan Nomor: B-290/MA/KP.02.3/09/2024 tertanggal 2 September 2024. Partisipasi dalam kegiatan pelatihan ini mencerminkan adanya pengakuan atas dedikasi, inovasi serta integritas Rektor IAHN Gde Pudja Mataram dalam memimpin institusi pendidikan keagamaan.

Kegiatan pelatihan PRESTASI dibuka secara resmi oleh Inspektur Jenderal Kementerian Agama RI. Dalam sambutannya, Inspektur Jenderal menekankan pentingnya peningkatan kapasitas para pemimpin lembaga pendidikan agama dalam menjaga integritas dan inovasi dalam menjalankan tugas-tugas kepemimpinan yang berlandaskan nilai-nilai hati nurani dan etika yang kuat. Melalui pelatihan ini, diharapkan para peserta mampu merefleksikan dan mengaktualisasikan nilai-nilai integritas yang dilandasi dengan nilai nilai hati nurani yang mendalam. dalam kepemimpinan mereka di masing-masing institusi.

Pelatihan PRESTASI ini juga diisi dengan berbagai materi yang relevan dengan tantangan kepemimpinan modern, termasuk penguatan tata kelola yang baik, pengambilan keputusan yang berlandaskan etika, serta peningkatan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan institusi. Selain itu, para peserta juga dibekali dengan berbagai keterampilan dalam hal pengembangan strategi integritas di lingkungan kerja mereka.

Prof. I Wayan Wirata, yang dikenal sebagai akademisi dan pemimpin berintegritas, yang berdasarkan nilai nilai hatinurani yang tulus telah menyampaikan rasa terima kasih atas kesempatan berharga ini. "Pelatihan ini sangat penting bagi kami para pimpinan untuk terus mengasah kemampuan dalam memimpin institusi dengan penuh integritas, loyal, berdedikasi, transparansi, serta akuntabilitas. Saya berharap ilmu dan pengalaman yang diperoleh dari kegiatan ini dapat diimplementasikan dalam pengelolaan IAHN Gde Pudja Mataram," ungkapnya.

Dengan partisipasinya dalam pelatihan ini, diharapkan Rektor IAHN Gde Pudja Mataram semakin memperkuat komitmennya serta konsisten dalam mewujudkan tata kelola kampus dengan berorientasi pelayanan yang baik, Akuntabel, kompeten  harmoni. Loyal, adaftaf, colaboratif yang berpedoman pada prinsip kejujuran, keberanian, dan konsosten, berbasis nilai-nilai hati nurani yang kuat sesuai dengan visi misi Kementerian Agama RI. By PM (Tim Humas dan Protokol)

Bagikan berita: