background

BERITA

Rektor IAHN GPM Beri Pembinaan Sekaligus Sosialisasi PMB Pada Umat Hindu Suku Tamil di Sumatera Utara


Image

Rektor Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram (IAHN GPM), Dr. Ir. I Wayan Wirata, A.Ma., S.E., M.Si., didampingi Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru IAHN GPM, I Ketut Putu Suardana, M.I.Kom., memberi pembinaan kepada umat Hindu Suku Tamil di Sumatera Utara, Jumat (14/7/2023).
Pembinaan yang diberikan oleh Rektor, I Wayan Wirata juga diselingi dengan mengajak generasi muda Hindu Suku Tamil di Sumatera Utara untuk menempuh pendidikan di IAHN Gde Pudja Mataram.
Rektor menyampaikan pentingnya generasi muda Suku Tamil untuk menempuh pendidikan.
"Pendidikan adalah sangat utama, kami di IAHN Gde Pudja Mataram memberikan beasiswa dan asrama secara gratis bagi umat Hindu di Sumatera Utara jika kuliah di tempat kami" ungkap rektor disela pembinaan di salah satu kuil disambut riuh tepuk tangan umat yang hadir.
Dua hari berada di Sumatera Utara, setidaknya sudah tiga Kuil Hindu yang dijadikan tempat pembinaan dan sosialisasi oleh Rektor. Diantaranya, Kuil Shri Parmeshwari Amman di Kota Medan, Kuil Shri Raja Rajes Weri Amman di Kota Binjai, dan Kuil Shri Mariamman di Kota Medan.
Kuil Shri Raja Rajes Weri Amman di Kota Binjai adalah salah satu kuil Suku Tamil tertua yang berlokasi di Sumatera Utara didirikan pada tahun 1820 Masehi.
Pembinaan kepada Suku Tamil juga turut dihadiri oleh tokoh agama Hindu di Sumatera Utara, antara lain Pembimas Hindu Kemenag Sumatera Utara, Sekretaris PHDI Sumatera Utara, Ketua Himpunan Kuil Hindu Sumatera Utara, Ketua Pokjaluh Hindu Sumatera Utara, Penyelenggara Bimas Hindu Kota Medan, Ketua PHDI Kota Medan, Ketua PHDI Kabupaten Karo, Pengurus Pasraman dan lainnya.
Dihimpun dari berbagai sumber, Suku Tamil adalah sebuah kelompok etnis dari Bangsa Dravida yang berasal dari Asia Selatan. Etnis ini menggunakan bahasa Tamil dengan populasi sekitar 77 juta jiwa yang tersebar di seluruh dunia.
Suku Tamil adalah salah satu bangsa tanpa negara yang tertua dan terbesar di dunia modern. Di Indonesia sendiri tidak kurang dari 77 ribu warga Suku Tamil yang tersebar di berbagai daerah. Sedangkan 40 ribu diantaranya bermukim di Provinsi Sumatera Utara, yakni Kota Medan, Binjai dan lainnya. Sebagian dari Suku Tamil di Sumatera Utara menganut Agama Hindu. Mereka hadir ke Sumatera Utara pada masa penjajahan Belanda. (pm

Bagikan berita: