background

BERITA

Tim sosialisasi PMB Melaksanakan sosialisasi ke empat tempat di pulau Sumbawa


Image

Sumbawa, IAHN Gde Pudja Mataram, melaksanakan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2023/2024 di Sumbawa Besar dari tanggal 4-6 Maret 2023. Adapun tim sosialisasi dipimpin oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, Kelembagaan dan Kerjasama bapak Dr. Drs. I Wayan Sumertha, M.Ag beserta Koordinator Program Studi S1 Manajemen Ekonomi Ni Nyoman Suli Asmara Yanti, MM, dosen program studi S1 Manajemen Ekonomi I Made Sudarma, SE., M.Pd.H, dan juga dosen program studi S1 Ilmu Komunikasi Hindu Rieka Yulita Widaswara, M.I.Kom.
Sasaran sosialisasi terdiri dari empat lokasi, yang pertama Banjar Panca Sari Dusun Batu Rea Desa Stowe Brang Kecamatan Utan Kabupaten Sumbawa yang diterima oleh ketua Parisadha Kecamatan Utan I Gede Sugiartha beserta Penyelenggara Bimas Hindu Kabupaten Sumbawa I Gede Sumadi di lokasi ini sosialisasi dihadiri oleh warga dengan jumlah sekitar lima puluh warga. Lokasi kedua yakni Pasraman Widya Dharma sosialisasi dilakukan kepada para siswa Pasraman sejumlah tujuh puluh lima siswa dirangkai dengan kegiatan persembahyangan bersama, sosialisasi di Pasraman diterima oleh Ketua Pasraman LuhDe Widiani, S.Ag dan Wakil Ketua PHDI Bidang Tattwa I Made Suaryadala, S.Pt. Sosialisasi yang ketiga dilakukan di Bendesa Sukamaju Lunyuk dengan kehadiran sekitar lima puluh warga di terima Ketua Parisada Kecamatan Lunyuk I Ketut Suparta. Dalam sosialisasi di tiga titik ini juga dirangkai dengan Dharma Tula atau diskusi oleh bapak Wakil Rektor, I Wayan Sumertha yang menyampaikan pentingnya ilmu pengetahuan. Tujuan ilmu pengetahuan bagi umat Hindu adalah untuk melenyapkan kegelapan (awidya) dengan jalan Jnana Yoga yaitu ilmu pengetahuan. Melalui pengetahuan generasi muda diharapkan dapat menjadi generasi yang intelektual, religius dan moderat hal ini juga berdasarkan arahan dari Rektor IAHN Gde Pudja Mataram bapak Dr. Ir. I Wayan Wirata, A.Ma., SE., M.Si untuk terus mendukung program Kementerian Agama dalam mensosialisasikan Moderasi Beragama. Lokasi keempat atau yang terakhir menyasar sekolah yakni SMAN 1 Lunyuk, diterima oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Bapak Abdul Ajang, S.Pd di dampingi oleh guru agama Hindu ibu Ni Nengah Julia Dewi, S.Pd.H.
Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2023/2024 dibuka dalam dua gelombang pendaftaran, gelombang pertama dimulai dari 20 Februari sampai dengan 5 Mei 2023. Gelombang dua dimulai pada tanggal 8 Mei-28 Juli 2023. IAHN Gde Pudja Mataram memiliki Program Pasca Sarjana yaitu Magister Ilmu Komunikasi Hindu, dan Magister Pendidikan Agama Hindu. Untuk program sarjana memiliki dua fakultas yaitu Fakultas Dharma Acarya yang memiliki tiga program studi yaitu program studi S1 Pendidikan Agama Hindu, S1 Pendidikan Guru PAUD, S1 Pendidikan Seni dan Budaya Keagamaan. Fakultas Dharma Duta, Brahwa Widya dan Dharma Sastra terdiri dari delapan program studi terdiri dari program studi S1 Ilmu Komunikasi Hindu, S1 Ekonomi Hindu, S1 Pariwisata Budaya dan Keagamaan, S1 Manajemen Ekonomi, S1 Filsafat Agama Hindu, S1 Hukum Agama Hindu, S1 Hukum Adat, dan juga program studi baru yaitu S1 Ilmu Agama dan program studi D3 Kepanditaan. Untuk program Pasca Sarjana terdiri dari Jalur Prestasi dan Jalur Reguler. Program Sarjana menggunakan tiga jalur pendaftaran Jalur Prestasi, Jalur Rekomendasi, dan Jalur Reguler. Lebih lanjut Sumertha menyampaikan IAHN Gde Pudja Mataram bagai matahari yang menyinari dalam membantu peserta didik pada umunya dan generasi muda Hindu pada khususnya yang ingin melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi.

Bagikan berita: