background

BERITA

YUDISIUM PROGRAM SARJANA FAKULTAS DHARMA ACARYA IAHN GDE PUDJA MATARAM TAHUN AKADEMIK 2023/2024: MEMULIAKAN PENDIDIKAN DENGAN CALON GURU YANG SATYA


Image

Mataram, 18 Juli 2024 – IAHN Gde Pudja Mataram sukses menyelenggarakan acara Yudisium Program Sarjana Fakultas Dharma Acarya untuk Tahun Akademik 2023/2024 pada Kamis, 18 Juli 2024. Hadir dalam acara ini antara lain Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, Kelembagaan, dan Kerjasama, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan, Kabiro AUAK, Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Dharma Acarya, Dekan Fakultas Dharma Duta, Brahma Widya, dan Dharma Sastra, Ketua dan Sekretaris Jurusan Dharma Acarya, Koordinator Program Studi S1 Pendidikan Agama Hindu, Koordinator Program Studi S1 Pendidikan Seni dan Budaya Keagamaan Hindu, Koordinator Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, serta pejabat fungsional dan struktural di lingkungan IAHN Gde Pudja Mataram.

Acara ini mengukuhkan kelulusan 29 mahasiswa dari tiga Program Studi, yakni:

  • Program Studi S1 Pendidikan Agama Hindu sebanyak 16 orang, dengan lulusan terbaik Ketut Rudita, S.Pd.
  • Program Studi S1 Pendidikan Seni dan Budaya Keagamaan Hindu sebanyak 7 orang, dengan lulusan terbaik I Nengah Subrata, S.Pd.
  • Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini sebanyak 6 orang, dengan lulusan terbaik Ni Made Dwi Utari, S.Pd.

Mewakili Rektor IAHN Gde Pudja Mataram, Bapak Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, Kelembagaan, dan Kerjasama dalam sambutannya menekankan pentingnya para lulusan untuk menunjukkan diri sebagai individu yang mampu meraih kepercayaan masyarakat. Beliau mengingatkan bahwa menjadi seorang guru adalah tugas yang berat, karena harus menjadi teladan yang digugu dan ditiru. Dalam konsep Hindu, guru diibaratkan sebagai seseorang yang suara dan tindakannya penuh makna dan tanggung jawab.

Beliau turut menekankan nilai satya atau kebenaran dan kejujuran dalam menjalani profesi sebagai guru yang merupakan lulusan IAHN Gde Pudja Mataram. Para peserta yudisium diharapkan dapat menjadi sarjana yang sujana, yaitu sarjana yang bijaksana dan mampu merespon berbagai fenomena dalam masyarakat dengan kebijaksanaan. Harapannya, para lulusan dapat menjaga nama baik almamater dan tidak menjadi sumber cemoohan masyarakat.

Yudisium ini merupakan yang kedua kalinya dilaksanakan oleh Fakultas Dharma Acarya untuk tahun akademik 2023/2024. Sebelumnya, pada bulan Januari 2024, telah dilaksanakan yudisium pertama yang meluluskan 1 mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Agama Hindu dan 2 mahasiswa Prodi S1 PG-PAUD. Dengan demikian, total 32 mahasiswa Fakultas Dharma Acarya akan diwisuda pada akhir Juli mendatang.

Acara diakhiri dengan penyematan gordon, penyerahan SK yudisium dan foto bersama para lulusan dan undangan. Suasana haru dan bangga mewarnai keseluruhan acara, menandai keberhasilan para mahasiswa dalam menyelesaikan studi mereka di IAHN Gde Pudja Mataram. By AR (Tim Humas dan Protokol)

Bagikan berita: